makassar ekoyesemi

Posted by | Posted on 05.57

Pasar Segar Dibuka di Makassar
Minggu, 17 April 2011 18:40
Didominasi Eks Pedagang Butung

Makassar, Pasar Segar tradisional yang menelan inevstasi sekitar Rp150 miliar resmi dibuka dengan pengoperasian sekitar 50 rumah toko, 400 kios dan 200 lapak atau lods. "Pembukaan Pasar Segar ini akan mengubah asumsi masyarakat, jika pasar tradisional itu terkesan becek dan jorok, karena pasar ini dibangun seperti mal," kata pedagang Nurlaela di Blok KAB Pasar Segar, Makassar, Minggu.

Pembukaan Pasar Segar diatas lahan seluas 1,5 hektare ini merupakan investasi patungan PT Pasar Segar dan PT Sinar Galesong. Pasar serupa telah dibuka di Jabodetabek yaitu Depok dan Bintaro, kemudian Makassar, Sulsel dan menyusul Manado, Sulut.

Mengenai harga perlods menurut salah seorang pedagang Pasar Segar di Blok KAD. Mariana bervariasi, namun untuk posisi sudut seperti lods yang dipilihnya, mencapai Rp300 juta lebih. Sementara untuk biaya sewa bulanan, menurut pedagang di Blok KAB, Rosmiati rata-rata Rp15 juta perbulan.

"Sewanya memang lebih mahal dibandingkan sewa lods di Pasar Butung yang dikenal sebagai pasar grosir di Makassar, hal ini karena lokasi Pasar Segar berada di kawasan bisnis," katanya.

Pada pembukaan Pasar Segar tersebut, pengunjung diberikan pelayanan spesial diantaranya parkir gratis, sejumlah hadiah "door prize" dan diskon khusus untuk aneka barang dagangan, mulai dari sembako, peralatan rumah tangga hingga pakaian dan pernak-pernik.

Didominasi Eks Pedagang Butung

Pasar Segar yang berlokasi di kawasan Panakkukang, Makassar, didominasi eks pedagang Pasar Butung, Makassar. "Dari sekitar 400-an kios di di pasar ini, sekitar 80 persen ditempati pedagang Pasar Butung," kata salah seorang pedagang Pasar Segar Mufidah di Makassar, Minggu.

Pemilik kios blok KBL Pasar Segar ini mengatakan, kiosnya di Pasar Butung belum direnovasi setelah terbakar beberapa bulan lalu, sementara prospek di Pasar Segar yang resmi dibuka hari Minggu ini, lebih besar sehingga lebih memilih mengadu peruntungan di tempat yang baru.

Menurut dia, pasar yang berada di kawasan Mal Panakkukang ini memiliki peluang bisnis yang cukup besar dibanding Pasar Butung yang terpisah dari pusat lokasi bisnis. Hal senada dikemukakan pedagang lainnya di Pasar Segar, Syarifuddin.

Sementara itu, pembukaan Pasar Segar yang dihadiri sekitar seribu pengunjung termasuk Pejabat pemerintah Kota Makassar yang meresmikan pasar itu, dimeriahkan oleh atraksi barongsai dan aneka permainan yang memperebutkan sejumlah hadiah mulai dari tas hingga perabotan rumah tangga.

Bahkan panitia pembukaan Pasar Segar menyiapkan hadiah "doorprize" bagi pengunjung dengan cukup memperlihatkan nota pembelian minimal Rp50 ribu. (T.S036/I007)

Comments (0)

Posting Komentar